Breaking News

Entri yang Diunggulkan

DPR Minta Pemerintah Bentuk TGIPF Usut Kasus Ginjal Akut pada Anak


Kareba Madrasah - 
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengusut kasus gangguan ginjal akut yang menyebabkan kematian pada anak-anak.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani menjelaskan TGIPF dibutuhkan untuk mengusut tuntas kasus penyakit ginjal akut.

"Ratusan nyawa anak Indonesia, calon generasi penerus bangsa melayang. Tapi informasi penyebabnya masih gelap dan sangat terbatas," keluh Netty kepada awak media, Selasa (25/10/2022).

Sementara itu, pemerintah diminta mencari penyebab penyakit gagal ginjal akut. Tak hanya fokus melakukan pengobatan terhadap korban.

"Pemerintah juga harus fokus pada investigasinya agar kasus ini terang benderang," ucapnya.

Dirinya juga menyoroti penarikan obat sirop di pasaran. Lanjutnya, penarikan tersebut tanpa penjelasan lebih jauh. Apalagi obat-obatan itu sudah lama beredar.

"Pemerintah menyebut dugaan penyebab kasus gagal ginjal akut adalah cemaran berupa EG dan DEG dalam obat sirop. Beberapa jenis obat sirop dilarang beredar dan ditarik dari pasaran tanpa penjelasan lebih jauh," tutur Netty.

"Apakah ada kesengajaan dalam penggunaan bahan kandungan obat yang tidak sesuai. Seperti, bahan kedaluwarsa atau telah terjadi penurunan kualitas? Atau ada kelalaian prosedur pengolahan bahan obat? Ini yang perlu diinvestigasi nantinya," paparnya.

Menurutnya, dengan dibentuknya TGIPF, diharapkan mampu bekerja transparan dan independen untuk melakukan investigasi. Hasilnya, dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan.

Sumber: pmjnews.com

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda