Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Perdana Kemenag-LPDP Siapakan 10.000 Beasiswa Pendidikan Profesi Guru



Kareba Madrasah ~ Kementerian Agama bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menyiapkan dana untuk pelaksanaan program Pengembangan Profesi Guru (PPG) pasca 2022 Sekjen Dirjen Pendidikan Muslim Rohmat Mulyana Sapdi mengatakan Program ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan kualifikasi dan keterampilan guru yang didukung oleh Kementerian Agama. 

 Program ini merupakan salah satu dari 10 program beasiswa, baik program gelar maupun non gelar yang ditawarkan oleh Departemen Agama-LPDP. “Kementerian Ibadah-LPDP akan memberikan kuota beasiswa pelatihan profesi guru kepada 10.000 guru yang didukung oleh Kementerian Ibadah yang didistribusikan di lingkungan Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Pendidikan Agama Kristen, Departemen Pembinaan Umum Katolik, Direktorat Jenderal Bimas Hindu dan Ditjen Bimas Buddha," kata pria yang akrab disapa Rohmat itu di Yogyakarta, Jumat (22 Juli 2022). 

 “Jadi manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya. Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain menambahkan, program hibah penempatan PPG  yang ditawarkan Kementerian Agama-LPDP merupakan upaya  mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan mengangkat sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, khususnya guru madrasah. , dan para guru didukung oleh Kementerian Agama. 

 

 “Anggaran yang dibiayai LPDP ini diharapkan dapat memperlancar Program Penyelesaian Program Sertifikasi Guru Pendukung Departemen Agama. 000 guru tidak tersertifikasi,” tambah Zain. 

  Zain menambahkan, pihaknya akan segera melakukan screening akademik/pre-test bagi guru madrasah yang ingin masuk PPG untuk menduduki jabatan. “Kami akan segera menerbitkan surat edaran terkait pelaksanaan PPG Academic Screening bagi guru Madrasah. Insya Allah bulan Agustus akan kita lakukan," kata Zain. 

 

 “Jadi guru madrasah yang mau ikut MIP bisa mempersiapkan diri dengan baik,” ujarnya. 

 

 Sekretaris Panitia Nasional PPG Kemenag Mustofa Fahmi menambahkan, jadwal pelaksanaan PPG posko ke-3 (Selasa) dengan program hibah dari dana LPDP sudah segera diumumkan kepada Panitia Nasional PPG. untuk mengatur. Agama dan LPTK PTKIN tetap menerapkan PPG. “Digitalisasi materi akan dimulai pada 18 Agustus. Oleh karena itu, kami akan segera melakukan seleksi akademik pada awal Agustus untuk mempersiapkan siswa PPG kelas 3 (Selasa),” kata Fahmi.  

 Fahmi juga optimis program hibah PPG  dari LPDP dapat mempercepat penyelesaian sertifikasi guru. “Dengan dukungan  LPDP, guru PPG  madrasah dapat mengantri untuk menyelesaikan program sertifikasinya lebih cepat. Saya berharap semua pemangku kepentingan PPG, terutama LPTK, dapat mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Sumber daya manusia, akademisi, dan infrastrukturnya  untuk mewujudkan kerjasama antara Kementerian ini. Urusan Agama dan LPDP dengan sukses,” pungkasnya

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda