Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Pertunjukan Teater Meriahkan Festival Palik-palik di Bonto Salama


Seorang pemain teater dari Komunitas Tobonga memegang Palik-palik, dan mengajak para penonton berinteraksi di acara Pembukaan Festival Palik-palik, Minggu (4/9) pagi. (foto: agusman/sinjaiinfo)



Sinjai.Info, Sinjai Barat, — Festival Palik-palik di areal pesawahan Komunitas Tobonga, Desa Bonto Salama, Kecamatan Sinjai Barat berlangsung meriah. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, 3-4 September 2022.


Palik-palik atau Baling-baling yang dilombakan dipasang pada beberapa titik, di pematang sawah. Yang dinilai dari Palik-palik ini adalah kekhasan bunyi yang dihasilkan ketika Palik-palik diterpa angin.


Pada sisi lain, tepatnya di panggung utama, Minggu (4/9/2022) pagi Sanggar Seni Tobonga mementaskan sebuah naskah teater yang beberapa kali mengocok perut penonton.


Teater yang memadukan skill anak-anak dan pemuda desa ini diasuh oleh Pendiri Komunitas Tobonga, Abidin Wakur. Alur ceritanya berkisah tentang kondisi alam, ekologi, kearifan lokal, hingga budaya setempat.


“Kami mengambil nama kegiatan ini adalah Festival Palik-palik. Palik-palik atau Baling-baling adalah kearifan lokal masyarakat di Bonto Salama, di mana gunanya untuk mengusir hama yang memakan padi milik petani. Selain itu Palik-palik sarat akan pesan-pesan seperti kapan harus statis, kapan mesti bergerak lambat, dan bergerak cepat dalam mengarungi hidup,” ucap Abidin Wakur, dalam sambutannya.


Kegiatan ini diisi pula dengan dialog ekologi dan budaya. Hadir pada pelaksanaan festival Palik-palik antara lain perwakilan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma), Direktur Klik Hijau.com Anies Kurniawan, Pegiat seni Ian Konjo, Seniman bambu Sinjai, Arfandi Jalil, serta Puang Sakka yang juga maestro Palik-palik dari Bonto Salama. (adv)



The post Pertunjukan Teater Meriahkan Festival Palik-palik di Bonto Salama first appeared on Sinjai Info.



source https://sinjai.info/pertunjukan-teater-meriahkan-festival-palik-palik-di-bonto-salama/

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda