Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Luar Biasa! Tes IQ Bocah Muslim Ini Kalahkan Einstein dan Stephen Hawking

Hidayatullah.com — Seorang bocah Muslim berusia 11 tahun dari Inggris berhasil mengungguli Albert Einstein dan Stephen Hawking dalam tes IQ. Skor yang dia capai merupakan skor tertinggi yang bisa dicapai orang berusia di bawh 18 tahun.


Yusuf Shah, bocah Muslim dari Leeds di Inggris, meraih skor 162 dalam tes IQ. Sementara Hawking dan Einstein memiliki skor Mensa IQ sebesar 160, meskipun fisikawan itu tidak pernah secara resmi mengikuti tes.


Awalnya Yusuf tidak pernah terpikirkan untuk mengikuti tes Mensa. Namun, teman-temannya selalu meminta Yusuf untuk mencobanya karena mereka tahu dia sangat cerdas.


“Saya selalu ingin tahu apakah saya berada di dua persen teratas dari orang yang mengikuti tes. Rasanya istimewa memiliki sertifikat untuk saya dan tentang saya,” ujar Yusuf.


Dia berharap nantinya dia dapat bersekolah dan belajar matematika di Cambridge atau Oxford.


Bocah, yang kini menjadi bagian dari satu persen orang dengan IQ tertinggi, suka bermain kubus Rubik dan Sudoku. Setelah pertama kali mencoba Rubik, Yusuf membutuhkan waktu sebulan untuk memecahkan permainan teka-teki itu.




Yusuf Shah (tengah) dan keluarganya



Pencapaian Yusuf membuat sang ibu bangga. “Saya sangat bangga. Dia adalah orang pertama yang mengikuti tes Mensa dalam keluarganya. Saya sebenarnya agak khawatir juga. Dia selalu pergi ke aula yang penuh dengan anak-anak untuk mengikuti tes,” kata Sana, ibu dari Yusuf kepada Metro UK.


Meskipun IQ anaknya mengalahkan IQ Einstein, Sana yang merupakan muslim berkerudung, selalu berpesan kepada anaknya untuk terus bekerja keras. “Bahkan jika kamu berbakat, kamu harus menjadi pekerja yang paling keras,” ujarnya kepada Yusuf.


Adik laki-laki Yusuf, Khalid, yang berusia delapan tahun, juga berharap untuk mengikuti tes Mensa ketika nanti sudah lebih besar.


Intelligence Quotient atau yang biasa kita sebut dengan IQ merupakan suatu indikator untuk mengukur kecerdasan seseorang. Yaitu kecerdasan yang terbentuk atas proses pembelajaran dan pengalaman hidup.


IQ menggambarkan kemampuan seseorang dalam berpikir, mengingat, memahami, mengevaluasi, mengolah, menguasai lingkungan, dan bertindak secara terarah. Biasanya, IQ memiliki kaitan yang erat dengan intelektual, logika, kemampuan menganalisis, pemecahan masalah matematis, dan strategis.


Sementara Mensa adalah organisasi internasional untuk mereka dengan IQ tertinggi beranggotakan 145 ribu orang di seluruh dunia. Untuk menjadi anggota Mensa, calon anggota harus mencapai skor yang lebih baik dari 98 % populasi.*


Rep: Nashirul Haq

Editor: Bambang S



The post Luar Biasa! Tes IQ Bocah Muslim Ini Kalahkan Einstein dan Stephen Hawking appeared first on Hidayatullah.com.






source https://hidayatullah.com/berita/internasional/read/2022/11/14/240093/luar-biasa-tes-iq-bocah-muslim-ini-kalahkan-einstein-dan-stephen-hawking.html

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda