Breaking News

Entri yang Diunggulkan

KPU Sinjai Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 untuk Kedua Kalinya


Bakalbeda.com
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai kembali menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara dalam rangka persiapan Pemilu tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman kantor KPU Sinjai, Jalan Bhayangkara, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan pada Selasa (30/1/2024).

Sejumlah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlibat sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam simulasi ini.

Kegiatan tersebut melibatkan peragakan proses pemilihan, mulai dari kedatangan calon pemilih hingga proses perhitungan suara.

Pemilih dengan disabilitas juga menjadi perhatian khusus dalam simulasi ini. Dalam simulasi tersebut, terdapat lima jenis surat suara yang akan diterima oleh pemilih, yaitu Calon Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten atau Kota.

Ketua KPU Sinjai, Muhammad Rusmin, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi dari KPU RI untuk memastikan proses pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjalan dengan baik.

“Tujuan dari simulasi ini adalah untuk memantapkan proses pungut hitung di TPS. Kami melibatkan jajaran PPK dan PPS sebagai langkah awal untuk memastikan kesiapan mereka dalam melaksanakan tugas di hari pemilihan nanti," ujar Muhammad Rusmin.

Rusmin menambahkan bahwa simulasi ini juga bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan masalah yang mungkin muncul di TPS, sehingga menjadi masukan berharga bagi KPPS dalam melaksanakan tugasnya.

“Hasil dari simulasi ini akan kami dorong ke bawah, yaitu ke PPK dan PPS, untuk diadakan simulasi secara mandiri sehingga semua pihak terlibat dapat memahami dan menjalankan tugasnya dengan baik," tambahnya.

Kegiatan simulasi ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua Bawaslu Sinjai, Muhammad Arsal, Kapolres Sinjai, AKBP. Fery Abdullah, Dandim Sinjai, Letkol Arm Dian Akhmad Arifandi, Sekda Sinjai, Andi Jefrianto, serta perwakilan Kejaksaan dan Pengadilan Negri Sinjai.

Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Sinjai.
 

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda