Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Ini Link Lomba Cipta Lagu Anak-Anak




Benarkah ada penyelenggaraan lomba ini?

Benar. Kami menyelenggarakan Lomba Cipta Lagu Anak-anak Bahasa Daerah sebagai bentuk kepedulian terhadap musik dan bahasa daerah yang makin meredup di tengah budaya digital.




Siapa penyelenggara lomba ini?

Lomba ini diselenggarakan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) melalui program Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi. Tentang PANDI dapat Anda lihat di tautan ini.




Siapa saja yang boleh menjadi peserta?

Siapa pun bisa menjadi peserta dalam lomba ini, kecuali yang terlibat dalam penyelenggaraan dan penjurian. Tidak ada batasan umur dan wilayah. Peserta juga boleh perorangan atau kelompok.




Bagaimana jika saya mau menjadi peserta lomba ini?

Anda tinggal daftar di sini, atau klik menu pendaftaran. Setelah mendaftar dan verifikasi via email, Anda akan memiliki akun untuk mengelola lomba, mengisi biodata, dan unggah file lagu. Halaman akun Anda masih bisa diperbarui sampai penutupan tanggal 15 September 2022.

Selengkapnya lihat Panduan teknis unggah karya.




Bagaimana jika saya mau mendaftar secara berkelompok atau tim?

Anda cukup mewakilkan satu orang untuk membuat akun. Adapun nama-nama anggota tim dapat disertakan dalam indentitas lagu pada kolom yang telah kami sediakan di dashor akun Anda.




Adakah syarat lagu yang diharapkan oleh penyelenggara?

Selain ketentuan bahwa lagu harus menggunakan bahasa daerah dan diperuntukkan bagi anak-anak, kami memberi kebebasan untuk berkreasi. Kami hanya berharap lomba ini akan melahirkan sebuah lagu yang disukai oleh anak-anak dan menjadi salah satu cara untuk memajukan bahasa daerah.




Apa ketentuan lirik lagu pada lomba ini?

Lirik lagu harus menggunakan salah satu bahasa daerah di Indonesia dan membawa semangat penguatan nilai-nilai bangsa, kebinekaan, cinta tanah air, budaya nusantara, atau semangat keindonesiaan. Setiap peserta harus membuat pernyataan keabsahan lirik dari ahli bahasa untuk memastikan kesesuaian dengan kaidah bahasa tersebut.




Adakah ketentuan durasi lagu?

Durasi lagu sekitar lima menit, sudah termasuk aransemennya.




Apakah ada ketentuan alat musik boleh digunakan?

Tidak ada, peserta boleh menggunakan alat musik apapun sesuai dengan kreasi masing-masing. Dapat pula menambahkan unsur musik lokal.




Apakah ada ketentuan penyanyi?

Tidak ada. Lagu tersebut dapat dinyanyikan oleh peserta sendiri atau pihak lain yang diminta oleh peserta. Yang kami nilai adalah lagu, bukan penyanyi.




Adakah ketentuan dalam perekaman lagu?

Kami tidak membuat ketentuan teknis tentang perekaman. Hal ini diserahkan sepenuhnya kepada peserta, tergantung kreativitas masing-masing. Dengan kata lain, peserta dapat menggunakan perangkat sederhana dengan hasil maksimal.




Apakah harus membuat video untuk lagu yang diciptakan?

Tidak usah. Peserta hanya mengunggah lagu dalam format WAV dengan ukuran maksimal 50 MB.




Bagaimana jika saya membuat lagu dalam format MP3?

Anda harus mengonversi file lagu tersebut ke dalam format WAV.




Bagaimana jika file lagu yang saya buat melebihi 50 MB?

Anda bisa menggunakan tools untuk mengecilkan file lagu tanpa menurunkan kualitas.




Bagaimana memastikan bahwa file lagu saya telah diterima oleh panitia?

Di halaman dasbor (setelah Anda punya akun), Anda dapat memutar lagu tersebut. Panitia juga akan mengirim konfirmasi bahwa lagu telah diterima dengan baik melalui email dan WhatsApp.




Siapa saya yang dapat menandatangani berkas keabsahan lirik lagu?

Pada intinya, yang menandatangani lirik lagu adalah yang menguasai bahasa daerah tersebut, baik secara arti maupun kaidah. Ia bisa seorang guru bahasa daerah, dosen, atau tokoh masyarakat yang memahami bahasa tersebut. Hal ini diperlukan agar juri lebih mudah mengkonfirmasi jika ada hal yang perlu ditanyakan terkait lirik, sebab para juri tidak mungkin menghubungi peserta. Selain itu, persyaratan ini juga merupakan upaya agar lirik yang digunakan bukan saja memiliki makna, tapi juga sudah benar secara bahasa.




Apakah lagu yang saya buat harus menyertakan notasi?

Tidak usah. Anda hanya mengisi data dan mengirimkan berkas sesuai dengan kolom-kolom yang disediakan di dasbor akun Anda.




Bagaimana jika ada peserta yang melakukan plagiat?

Panitia berhak menganulir dan memberikan sanksi hukum sesuai dengan UU Hak Cipta yang berlaku di Indonesia.




Benarkah hadiahnya Rp100.000.000,00?

Benar, panitia menyediakan hadiah Rp100.000.000,00 (seratus juta rupia) untuk pemenang tunggal.




Apakah lagu yang didaftarkan lomba ini akan menjadi hak penyelenggara?

Hak cipta lagu tetap dipegang oleh peserta yang menciptakan lagu tersebut. Namun, penyelenggara lomba berhak mempublikasikan lagu tersebut baik sebagian maupun seluruhnya dengan tetap menyertakan nama pencipta.




Kapan pengumuman lomba ini?

Lomba Cipta Lagu Anak-anak Bahasa Daerah akan diumumkan pada tanggal 28 Oktober 2022.




Bagaimana jika saya punya pertanyaan yang tidak tercantum dalam tanya-jawab ini?

Tanya-jawab ini akan diperbarui jika ada hal-hal yang belum jelas. Anda juga dapat menghubungi panitia melalui nomor WhatsApp atau email.


0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda