Breaking News

Teguhkan Kiprah di Dunia Digital, Muhammadiyah Luncurkan Wikimu


Kareba Madrasah - 
Untuk meneguhkan kiprahnya di dunia digita, PP Muhammadiyah meluncurkan Wikimu.org. Menurut Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr Dadang Kahmad, Wikimu  mengintegrasikan konten-konten digital Persyarikatan yang selama ini masih tercecer.


“Peluncuran Wikimu.org melengkapi karya-karya MPI yang sudah dibuat sebelumnya seperti TVMU, Pusat Syiar Digital Muhammadiyah (PSDM), DigiMu, rintisan Fiqih Informasi, Museum Muhammadiyah, Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW), buku Ensiklopedi Muhammadiyah, buku Fachrodin, dan yang lainnya,” katanya.


Wikimu.org diluncurkan menjelang pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah ke-48. Wikimu diluncurkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah 

Melalui Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) dalam diskusi yang digelar dengan tema “Transformasi Muhammadiyah di Era Digital” di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Sabtu (21/10/2022).


Sementara itu, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah, Mukhlas menyebut bahwa Wikimu.org merupakan persembahan MPI di akhir periode ini untuk meneguhkan Muhammadiyah di ranah digital.

“Jadi walaupun ini sudah akhir periode, MPI ini terus berkarya, membuat sesuatu untuk kemajuan Muhammadiyah,” ujarnya.


Sementara itu, Sekretaris Program, Arif Nurahman menuturkan, secara teknik Wikimu  berbeda dengan website dan media lain yang sudah ada di Muhammadiyah.

Karena Wikimu merupaka platform  baru yang memberikan kesempatan kepada siapapun untuk mengisi, mengedit dan menyempurnakan konten yang sudah ada.


“Jadi Wikimu .org ini merupakan sarana digital yang dipersembahkan bukan hanya untuk warga Muhammadiyah, tetapi juga unyuk seluruh umat manusia yang membutuhkan informasi tentang Muhammadiyah secara dinamis,” jelas Arif.


Dalam sesi diskusi, Agus Sudibyo menyatakan bahwa Muhammadiyah sebenarnya sudah bertransformasi sejak dulu, namun Sudibyo juga mewanti-wanti bahwa dunia digital ini banyak persoalan, karenanya harus disikapi secara serius. 

“Saya berharap digitalisasi harus masuk ke kurikulum sekolah. Sekarang dampak negatif digital sudah sangat nyata dan massif, tapi menanganinya belum serius,” ucapnya.


“Karenanya harus menjadi bagian dari pembelajaran formal agar lebih serius. Di sini Muhammadiyah harus ambil peran,” tegas Sudibyo.*


Rep: Ahmad

Editor: -

0 Komentar

Posting Komentar
© Copyright 2023 - Bakal Beda