Breaking News

Entri yang Diunggulkan

DPD AIUMKM AKUMANDIRI Sinjai Gencar Sosialisasi Barcode Kemasan untuk Peningkatan Daya Saing Produk IKM


Bakabeda.com
- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil Menengah (AIUMKM) AKUMANDIRI Kabupaten Sinjai telah menggelar sosialisasi tentang penggunaan barcode kemasan sebagai langkah strategis untuk meningkatkan daya saing produk Industri Kecil Menengah (IKM). 

Acara ini diadakan di ruang pola Kantor Bupati Sinjai pada Selasa (16/1/2024) dan dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan hasil kerjasama antara DPD AIUMKM AKUMANDIRI Sinjai dengan GS 1 Indonesia.

Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kabupaten Sinjai turut serta dalam kegiatan ini, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya penggunaan barcode kemasan dalam meningkatkan kualitas dan daya saing produk IKM.

Menurut Pj Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah, kehadiran AIUMKM Sinjai dan ide positif mereka dalam menggelar sosialisasi ini adalah langkah yang sangat baik.

"Idea AIUMKM Sinjai sangat baik dan luar biasa memberikan pengetahuan untuk mendorong teman-teman pelaku usaha untuk naik kelas," ungkapnya.

Pemberian barcode pada kemasan diharapkan dapat memberikan nilai tambah pada produk IKM, memungkinkan produk untuk bersaing dan masuk ke pasar modern seperti toko retail dan sejenisnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati juga menekankan bahwa sertifikasi halal dan BPOM pada produk, bersama dengan barcode kemasan, akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut.

"Kemasan-kemasan produk perlu diperhatikan agar konsumen merasa yakin dan tidak ragu dalam membeli produk kita," tambahnya.

Ketua AIUMKM AKUMANDIRI Sinjai, Jumain, menjelaskan bahwa sosialisasi barcode kemasan diadakan sebagai upaya mengatasi kesulitan UMKM dalam menembus pasar modern.

"Kami berharap dengan sosialisasi ini, tantangan ke depan dapat bisa diatasi, sehingga UMKM naik kelas dan lebih baik lagi," ungkapnya.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Reza Hardiansyah, perwakilan dari GS 1 Indonesia, yang menjelaskan manfaat penggunaan barcode kemasan dan proses pengusulan barcode.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintahan, termasuk Asisten 2 Andi Ilham Abubakar, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan ESDM Sinjai Muh Saleh, Kabag Perekonomian dan SDA Setdakab Sinjai, Nurhayati, serta para pengurus AIUMKM Sinjai.
 

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda