Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Menuju Kemenangan Spiritual: Senandung Puasa Ramadhan 2024 Dimulai Tanggal Berapa?


Bakalbeda.com
- Pada tahun 2024, umat Muslim di seluruh dunia bersiap-siap menyambut bulan suci Ramadhan.

Penetapan awal puasa ini merupakan momen yang dinantikan setiap tahunnya, dan tahun ini, Pengurus Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) telah menetapkan tanggal resmi untuk memulai ibadah puasa.

Menurut Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriah, awal Ramadhan tahun 2024 jatuh pada tanggal 11 Maret 2024.

Hal ini merupakan hasil dari perhitungan hisab yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah untuk menentukan awal bulan suci.

Puasa Ramadhan merupakan salah satu pilar utama dalam agama Islam, di mana umat Muslim berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari selama satu bulan penuh.

Selain menahan diri dari makan dan minum, puasa juga mengajarkan nilai-nilai seperti kesabaran, pengendalian diri, dan empati terhadap sesama.

Awal puasa Ramadhan 2024 pada tanggal 11 Maret memberikan umat Muslim kesempatan untuk memulai ibadah puasa dengan semangat dan kekhusyukan.

Momen ini juga menjadi waktu untuk introspeksi, memperkuat hubungan dengan Allah, dan meningkatkan amal ibadah.

Selain itu, penetapan tanggal awal puasa ini juga mencakup penetapan awal bulan Syawal dan Zulhijah.

Syawal adalah bulan yang diakhiri dengan perayaan Idul Fitri, sementara Zulhijah merupakan bulan di mana umat Muslim melaksanakan ibadah haji di Makkah.

Sebagai umat Muslim, persiapan fisik dan spiritual menjelang awal puasa sangat penting. Ini mencakup persiapan mental, perencanaan menu berbuka puasa, dan peningkatan ibadah serta amal kebajikan.

Dengan penetapan tanggal awal puasa pada 11 Maret 2024, umat Muslim diharapkan dapat mengisi bulan Ramadhan dengan amal ibadah yang maksimal, meningkatkan spiritualitas, dan menjalani puasa dengan penuh keikhlasan serta ketakwaan kepada Allah SWT.

Semoga bulan suci ini membawa berkah, perdamaian, dan keberkahan bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia.

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda