Breaking News

Bulan Ramadan Kembali Bersua, Pemerintah Kabupaten Bulukumba Gelar Safari Ramadan


Bulukumba, Bakalbeda.com
- Bulan Ramadan kembali menyapa umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Kabupaten Bulukumba.

Seiring dengan penetapan 1 Ramadan 1445 Hijriah pada hari Selasa, 12 Maret 2024, oleh Sidang Isbat Pemerintah melalui Kementerian Agama, suasana keagamaan dan kebersamaan mulai terasa di pelosok desa.

Pada hari kedua Ramadan, 13 Maret 2024, Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengawali rangkaian kegiatan Safari Ramadan bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kegiatan ini dimulai di Desa Balong, Kecamatan Ujungloe. Menurut Kabid Humas Diskominfo, Andi Ayatullah Ahmad, Safari Ramadan tahun ini di Kabupaten Bulukumba tidak lagi dibagi menjadi dua tim, seperti yang dilakukan pada masa sebelumnya.

Sehingga, Bupati dan Wakil Bupati hadir di sepuluh kecamatan secara bergantian. Tradisi Safari Ramadan dimulai dengan buka puasa bersama, dilanjutkan dengan shalat Maghrib, Isya, dan Tarawih berjamaah di masjid yang ditentukan.

Selama acara, Pemerintah Kabupaten Bulukumba juga memberikan bantuan pembangunan masjid secara simbolis, bersama dengan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba, yang menyasar guru mengaji tradisional, marbot masjid, dan warga prasejahtera.

Dalam sambutannya, Bupati Andi Utta mengungkapkan rasa syukur karena umat Islam dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan, yang dipandang sebagai bulan penuh rahmat dan ampunan.


Dia juga menekankan pentingnya kegiatan Safari Ramadan sebagai sarana untuk mempererat silaturrahmi antara masyarakat dengan pemerintah daerah, unsur DPRD, dan Forkopimda.

Selain itu, Bupati Andi Utta juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membagikan sejumlah capaian pembangunan yang telah dicapai dalam tiga tahun terakhir.

Di antaranya adalah pembangunan Gedung Pinisi, Mal Pelayanan Publik, Penataan Pantai Merpati, serta pembangunan Dermaga Kolam Labuh yang akan dilanjutkan dengan pembangunan brakewater.

Tidak hanya itu, beberapa capaian lainnya termasuk pembangunan Pusat Industri Tenun Bira, revitalisasi infrastruktur olahraga, peningkatan jaringan irigasi, pembangunan pelabuhan, program bibit unggul, pembagian rumpon, pengoperasian Rumah Sakit Pratama Tanete, hingga penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Bulukumba, seperti opini WTP dan Piala Adipura.

Dengan kesungguhan dan kerja keras, Pemerintah Kabupaten Bulukumba berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan bagi masyarakat, sembari menjaga nilai-nilai keagamaan dan kebersamaan selama bulan Ramadan.***
 

0 Komentar

Posting Komentar
© Copyright 2023 - Bakal Beda