Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Kakankemenag Komitment Sukseskan Pekan Merdeka Toleransi



Kareba Madrasah – Para Kakankemenag Kabupaten Kota yang hadir mengikuti Rapat Koordinasi, Evaluasi Program dan Kinerja Semester II Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulsel yang ditempatkan di Aula Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Kab. Bulukumba kompak berkomitmen untuk mensukseskan Event Pekan Merdeka Toleransi Sulsel tahun 2022 yang digagas oleh Kakanwil. 

Komitmen tersebut disampaikan usai Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni memaparkan secara gamblang dan lugas terkait Event Pekan Merdeka Toleransi Sulsel tahun 2022 dihadapan para Kakankemenag, (Rabu, 20 Juli 2022)

Didampingi Kabag TU dan Sejumlah Kepala Bidang di Lingkup Kanwil, Khaeroni menjelaskan bahwa Acara ini menemukan momentum yang tepat karena menyambut dan menyambut kemerdekaan RI ke 77 dan pencanangan Tahun Toleransi Indonesia 2022. Acara ini merupakan salah satu ikhtiar dalam menanggapi kebutuhan nyata atas kondisi masyarakat kita untuk memastikan kehidupan umat beragama yang rukun, damai, dan toleransi dalam mempertahankan Spirit Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kakanwil juga menjabarkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah Meneguhkan kembali cita cita kemerdekaan Republik Indonesia yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang Bersatu, Berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Menguatkan kembali semangat Bhineka Tunggal Ika yang menjadi simbol persatuan dan kesatuan Bangsa, Menanamkan kembali kebersamaan dan Toleransi kepada masyarakat, utamanya kepada para Pelajar dan generasi muda dalam merespon pencanangan Tahun Toleransi Indonesia 2022 serta Mengajak seluruh elemen masyarakat dan generasi muda secara bersama untuk turut serta dalam mengkampanyekan dan membangun kembali nilai Toleransi dan kebersamaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan

Pekan Merdeka Toleransi Sulsel Tahun 2022 ini diselenggarakan atas kerjasama Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Badan Kesbangpol Pemprov, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Prov. Sulsel, Kodam XIV Hasanuddin, Polda Sulsel dan didukung oleh sejumlah lembaga/lembaga serta Lintas Agama baik negeri swasta di Sulawesi Selatan, jelasnya.

Pada Pekan Merdeka Toleransi Sulsel Tahun 2022 ini, Panitia akan menggelar sejumlah kegiatan yakni :

Tanggal 13 Agustus 2022 : Dialog Toleransi, Launching, MoU, dan Sendratari di Hotel Claro Makassar

Tanggal 15 sd 17 Agustus 2022 : Kemah Toleransi di Pakkatto, Kabupaten Gowa

Tanggal 19 sd 21 Agustus 2022 : Khutbah Serentak dan seragam bertema Toleransi di Seluruh Rumah Ibadah Lintas Agama se-Provinsi Sulawesi Selatan

Tanggal 20 Agustus 2022 : Pawai dan Karnaval Toleransi di Kota Makassar yang rencana Star dan Finisnya di lapangan Karebosi dan diperkirakan akan melibatkan sebanyak 10 orang.

Kesemua agenda kegiatan di Acara ini diharapkan mampu mengkonsolidasikan kembali Nilai nilai budaya dan Agama dalam merekatkan serta memperkuat kembali pentingnya toleransi di negara kita yang sudah memasuki usia 77 sejak diproklamirkannya. Apalagi salah satu dari empat indikator memperkuat moderasi beragama yang menjadi program prioritas dalam RPJMN 2020-2024 adalah toleransi. Tiga lainnya, yaitu anti kekerasan, wawasan kebangsaan, dan ramah tradisi, beber Kakanwil penuh semangat. (wrd) 

Sumber: https://sulsel.kemenag.go.id/

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda