Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Kini Puskesmas Mannanti Miliki TEMAN KARIB


Kepala Puskesmas Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, dr. Zulkifli Thamrin. (dok.pribadi)



Sinjai.Info, Tellulimpoe,– Puskesmas Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai kini memiliki TEMAN KARIB yang bisa menemukan masalah pada ibu hamil untuk mengidentifikasi antara ibu hamil yang berisiko maupun yang tidak berisiko.


TEMAN KARIB adalah akronim dari ‘Temukan Masalah Ibu Hamil dengan Kartu Ibu’. Ini adalah inovasi Puskesmas Mannanti melalui Bidan Desa Pustu Tellulimpoe.


Inovasi ini dilakukan oleh Bidan Desa dalam menemukan masalah pada ibu hamil, untuk mengidentifikasi antara ibu hamil yang berisiko maupun yang tidak berisiko.


Pada inovasi ini ada tanda berupa kartu. Pemberian kartu ibu yang berwarna hijau untuk ibu hamil normal, dan berwarna merah untuk ibu hamil berisiko.


Kartu ibu ini satu diberikan kepada ibu hamil itu sendiri, dan satunya lagi disimpan di Faskes sehingga pada saat ibu hamil berkunjung atau melakukan pemeriksaan di Faskes terdekat, petugas bisa langsung mengetahui kondisi awal ibu hamil tersebut.


Selain itu, ibu hamil yang berisiko ini dilaporkan ke desa setempat agar pihak desa mengetahui kondisi ibu hamil yang ada diwilayahnya, dan di halaman rumah ibu hamil tersebut diberi penanda berupa botol merah agar masyarakat atau tetangga dan pihak desa mengetahui bahwa di rumah tersebut ada ibu hamil yang berisiko tinggi.


Dengan cara itu, maka jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada ibu hamil tersebut pihak desa lebih responsif dan tetangga lebih care atau peduli.


Kepala Puskesmas Mannanti, dr. Zulkifli Thamrin berharap inovasi TEMAN KARIB ini menjadi solusi dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi.


“Awalnya inovasi ini terbatas hanya dilakukan oleh Bidan Nurwahidah yang juga Bidan Desa Tellulimpoe. Kemudian dikembangkan menjadi inovasi Puskesmas Mannanti agar bisa diterapkan di seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Mannanti,” terangnya.


Di Indonesia, angka kematian ibu dan bayi masih cukup tinggi sehingga kata Dokter Ukki, sapaan dr. Zulkifli Thamrin, TEMAN KARIB bisa menjadi salah satu solusi karena inovasi tersebut mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal seperti nilai solidaritas, dan empati terhadap tetangga. (ZAR)



The post Kini Puskesmas Mannanti Miliki TEMAN KARIB first appeared on Sinjai Info.



source https://sinjai.info/kini-puskesmas-mannanti-miliki-teman-karib/

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda