Breaking News

Entri yang Diunggulkan

(Video) Rumah Tempat Kelahiran Ayatollah Ruhollah Khomeini Dibakar Massa

Hidayatullah.com– Para demonstran antirezim di Iran membakar sebuah rumah yang diketahui sebagai tempat kelahiran mendiang pemimpin Syiah Ayatollah Ruhollah Khomeini.


Rumah yang terletak di kota Khomein di Provinsi Markazi itu dibakar pada Kamis malam (17/11/2022) sementara kerumunan pengunjuk rasa tampak bersorak gembira berbaris melewatinya, menurut gambar-gambar yang diunggah di media sosial, dan telah diverifikasi oleh AFP, lansir The Guardian Jumat (18/11/2022). Lihat videonya di bawah.


Khomeini dikatakan dilahirkan di rumah di kota Khomein tersebut – dari mana nama belakangnya berasal – pada pergantian abad.


Dia menjadi seorang spiritual tertinggi Syiah yang sangat kritis terhadap kekuasaan Shah Mohammad Reza Pahlavi yang didukung Amerika Serikat. Dia cukup lama hidup di pengasingan di Prancis dan kembali pulang pada tahun 1979 untuk memimpin revolusi.


Khomeini meninggal dunia pad 1989, tetapi tetap menjadi sosok yang dijunjung setinggi langit oleh penggantinya, Ayatollah Ali Khamenei.


Rumah itu kemudian diubah menjadi museum untuk mengenang Khomeini. Belum jelas aksi pembakaran menimbulkan kerusakan apa saja terhadap rumah tersebut.


Kantor berita Iran Tasnim kemudian membantah telah terjadi kebakaran, dengan mengatakan “pintu rumah bersejarah itu masih terbuka untuk pengunjung”.


Gambar Khomeini adakalanya dibakar atau dirusak oleh demonstran, yang beberapa waktu belakangan banyak melakukan unjuk rasa menyusul kematian Mahsa Amini di tangan aparat Iran.*





Rep: Ama Farah

Editor: Dija



The post (Video) Rumah Tempat Kelahiran Ayatollah Ruhollah Khomeini Dibakar Massa appeared first on Hidayatullah.com.






source https://hidayatullah.com/berita/internasional/read/2022/11/21/240476/video-rumah-tempat-kelahiran-ayatollah-ruhollah-khomeini-dibakar-massa.html

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda