Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Pemerintah Kabupaten Sinjai Dukung Pertanian Melalui Penyaluran Bantuan Sarana dan Prasarana

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa melihat kondisi alsintan sebelum diserahkan ke kelompok tani.

SINJAI, bakalbeda.com
– Kepedulian Pemerintah Kabupaten Sinjai terhadap sektor pertanian semakin terbukti melalui serangkaian inisiatif positif.

Pada hari Selasa, tanggal 15 Agustus 2023, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa, secara resmi menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) pertanian kepada 23 kelompok tani yang tersebar di delapan kecamatan.


Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Sinjai untuk mendukung petani dan meningkatkan kualitas pertanian.


Bantuan Sarpras Pertanian untuk Peningkatan Mutu Pertanian


Dalam upaya mempercepat pertumbuhan sektor pertanian serta peningkatan kualitas tanah dan mutu hasil pertanian, Pemerintah Kabupaten Sinjai telah merespon dengan serangkaian langkah nyata.


Bantuan Sarpras pertanian ini adalah hasil kerja keras Pemkab Sinjai, melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai.


Dilansir dari sInjai.info "Bantuan Sarpras pertanian ini merupakan bukti konkret dari perhatian Pemerintah Kabupaten Sinjai, juga dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat, terhadap para petani di wilayah ini," ungkap Bupati Andi Seto Asapa.


Langkah ini diharapkan dapat mendorong produktivitas hasil pertanian serta peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Sinjai.


Rincian Bantuan Sarpras Pertanian


Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Andi Seto Asapa meliputi sejumlah alat dan bibit yang memiliki peran strategis dalam mendukung pertanian modern dan berkelanjutan.


Kepala DTPHP Sinjai, H. Kamaruddin, menjelaskan bahwa bantuan ini mencakup:


- Cultivator sebanyak 48 unit.

- Pompa Air 3 inci sebanyak 26 unit.

- Corn Seller sebanyak 2 unit.

- Power Thresser sebanyak 6 unit.

- Rice Milling Unit (RMU) sebanyak 2 unit.

- Bibit kopi sebanyak 120.000 pohon untuk 120 Ha di Kecamatan Sinjai Tengah.

- Bibit pala sebanyak 7.625 pohon untuk 61 Ha yang tersebar di kecamatan Sinjai Borong, Sinjai Tengah, Sinjai Barat, dan Sinjai Selatan.

- Benih padi mandiri sebanyak 87.875 Kg untuk 3.515 Ha.

- Benih padi Biosertifikasi sebanyak 7.350 Kg untuk 294 Ha.


Dukungan Terhadap Pertanian dan Petani


Kepala DTPHP Sinjai, H. Kamaruddin, menambahkan bahwa penyaluran bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) telah berhasil melampaui target yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) hingga tahun 2023.


Hal ini menunjukkan keseriusan Bupati Andi Seto Asapa dalam menjalankan visi dan misi untuk mensejahterakan petani.


Mendorong Pertumbuhan Pertanian Berkelanjutan


Penyaluran bantuan ini disambut positif oleh para petani di Kabupaten Sinjai. Di tengah perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.


Bantuan ini dianggap sebagai wujud nyata kepedulian Pemerintah Kabupaten Sinjai terhadap kesejahteraan dan pertumbuhan sektor pertanian.


Bupati Andi Seto Asapa berharap bantuan ini dapat digunakan dengan optimal oleh para petani, untuk meningkatkan produktivitas pertanian serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di Bumi Panrita Kitta’.


Masa Jabatan Bupati Mendekati Akhir


Tidak hanya sebagai dukungan terhadap pertanian, penyaluran bantuan ini juga memiliki makna khusus karena mendekati akhir masa jabatan Bupati Andi Seto Asapa yang akan berakhir pada bulan September mendatang.


Kepala DTPHP Sinjai, H. Kamaruddin, menyatakan, "Bantuan ini adalah kado dari Bupati kepada para petani di Hari Kemerdekaan RI yang ke-78, serta menjadi bagian dari warisan positif di akhir kepemimpinannya."


Komunitas Pertanian Sinjai Berkembang


Langkah-langkah Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam mendukung petani dan sektor pertanian tampaknya telah membuahkan hasil.


Bantuan Sarpras pertanian ini tidak hanya mencakup alat dan bibit, tetapi juga menjadi representasi dari kemajuan komunitas pertanian di Kabupaten Sinjai.


Dukungan dari pemerintah daerah, provinsi, dan pusat telah memotivasi petani untuk terus berinovasi dan meningkatkan produktivitas.


Pengakuan terhadap Kinerja Pemerintah Kabupaten Sinjai


Dengan penyaluran bantuan yang melampaui target, Pemerintah Kabupaten Sinjai berhasil memberikan kontribusi positif bagi sektor pertanian di daerah ini.


Keberhasilan ini sekaligus menjadi pengakuan terhadap kinerja Bupati Andi Seto Asapa dan timnya dalam menjalankan visi untuk mewujudkan pertanian yang berkelanjutan dan mensejahterakan petani.


Dengan penyaluran bantuan Sarpras pertanian ini, Pemerintah Kabupaten Sinjai kembali memperlihatkan komitmen dalam mendorong pertumbuhan sektor pertanian dan mendukung kesejahteraan petani.


Bantuan ini tidak hanya sekadar alat dan bibit, tetapi juga simbol dari perhatian dan dedikasi pemerintah terhadap para petani.


Dengan dukungan ini, diharapkan pertanian di Kabupaten Sinjai dapat terus berkembang dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.


Langkah ini juga mengukuhkan Bupati Andi Seto Asapa sebagai pemimpin yang memperhatikan dan berupaya mensejahterakan masyarakat petani selama masa jabatannya yang akan segera berakhir.***

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda