Breaking News

Demi Amankan Pemilu 2024 Polri Siap Gelar Operasi Mantap Brata, Begini Penjelasannya

Polri Siap Gelar Operasi Mantap Brata Amankan Pemilu 2024

Jakarta, Bakalbeda.com
- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah mengumumkan kesiapan mereka untuk meluncurkan "Operasi Mantap Brata" guna mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Operasi ini akan menjadi langkah besar Polri dalam memastikan kelancaran dan keamanan selama proses demokratisasi di seluruh Indonesia.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho, mengungkapkan bahwa Operasi Mantap Brata akan berlangsung dari tahun 2023 hingga 2024, selama 211 hari, sesuai dengan tahapan inti Pemilu 2024. 

Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan selama kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, dan tahapan-tahapan penting lainnya terkait dengan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Operasi ini akan melibatkan ribuan personel kepolisian yang akan ditempatkan di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Mereka akan bertanggung jawab atas menjaga keamanan selama seluruh proses pemilu dan pilkada. 

Polri juga akan bekerja sama erat dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan kelancaran proses demokrasi ini.

Irjen Sandi Nugroho menjelaskan bahwa Operasi Mantap Brata akan terbagi menjadi beberapa Satgas, termasuk Satgas Mabes Polri, Satgas Polda, dan Satgas Polres.

Sebelas satuan kerja Polri juga akan mendukung pelaksanaan operasi ini, seperti Bareskrim Polri, Baintelkam Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, dan lainnya.

Beberapa potensi permasalahan dalam Pemilu dan Pilkada serentak 2024 juga telah diidentifikasi, seperti pemutakhiran data pemilih, pengadaan logistik pemilu, potensi konflik paslon, dan isu SARA pasangan calon.

Polri akan mengambil tindakan proaktif untuk mengatasi potensi konflik tersebut.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan jajarannya untuk mengawal Pemilu 2024, dan Polri akan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh daerah, untuk menjaga perdamaian dan kelancaran proses demokrasi.

Dengan peluncuran Operasi Mantap Brata, Polri berkomitmen untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif selama Pemilu dan Pilkada serentak 2024, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses demokratisasi dengan aman dan nyaman.***

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda