Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Ketua Umum PDIP: Rakyat adalah Pemilik Kedaulatan Tertinggi dalam Pemilu 2024


Jakarta, Bakalbeda.com
- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, menekankan bahwa rakyat adalah pemilik kedaulatan tertinggi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dalam pidato politiknya saat memperingati HUT ke-51 PDIP dengan tema ‘Satyameva Jayate, Kebenaran Pasti Menang’, Megawati menyoroti pentingnya moral dan etika politik dalam menjalankan kontestasi politik lima tahunan ini.

"Pemilu bukanlah alat elite politik untuk melanggengkan kekuasaan dengan segala cara. Di dalam pemilu, pemilihan umum, ada moral dan etika yang harus dijunjung tinggi," ungkap Megawati pada Rabu, 10 Januari.

Megawati menegaskan bahwa kekuasaan tidak dapat dipertahankan secara langgeng, dan yang benar-benar langgeng adalah nilai-nilai moral dan etika yang diterapkan.

"Kekuasaan itu tidak langgeng loh, yang langgeng itu yang di atas, kekuasaan akan berhenti apa pun jabatannya," tambahnya.

Dalam konteks Pemilu 2024, Megawati juga menyampaikan keprihatinannya terhadap intimidasi yang dialami oleh sebagian rakyat.

Meskipun demikian, dia yakin banyak yang tetap bersuara karena nurani dan keyakinannya pada proses demokratis.

Megawati menekankan pentingnya netralitas TNI, Polri, dan aparatur sipil negara (ASN) dalam Pemilu. 

Dia memperingatkan agar tidak ada rakyat yang menjadi korban ulah oknum-oknum yang tidak menjalankan kewajibannya dengan benar.

"Emangnya rakyat mau kamu pentungin haaahhh, penjajah boleh kamu tembak, tapi kalau rakyat no, no, no. Ingat loh, ini saya masukkan message saya dan pasti harus tahu siapa yang melakukan hal-hal seperti itu (intimidasi, red)," tegas Megawati.

Dia menutup pidatonya dengan mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara merdeka dan berdaulat, di mana kekuasaan seutuhnya berada di tangan rakyat.

"Ini adalah negara merdeka dan berdaulat! Tidak ada sebagian yang merasa berkuasa, kekuasaan itu berada di tangan rakyat," pungkasnya.***

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda