Breaking News

Entri yang Diunggulkan

PMJ Luncurkan Aplikasi "Montov" untuk Mendukung Orang dengan HIV/AIDS di Kota Yogyakarta


Yogyakarta, bakalbeda.com
- Perkumpulan "Pita Merah Jogja" (PMJ) merilis aplikasi inovatif bernama "Montov" (Monitoring Kesehatan Orang dengan HIV/AIDS) yang bertujuan untuk memberikan dukungan lebih efektif kepada orang dengan HIV/AIDS di Kota Yogyakarta.

Koordinator PMJ, Eva Dewa Masyitha, mengungkapkan bahwa aplikasi ini tidak hanya memudahkan akses layanan kesehatan dalam situasi normal, tetapi juga memberikan solusi yang tanggap terhadap kondisi darurat seperti bencana alam.

"Aplikasi ini memberikan informasi kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan CD4, viral load, kapan mengambil obat, dan kapan meminum obat," ujar Eva Dewa Masyitha dalam konferensi pers di Yogyakarta.

Montov, yang dapat diunduh secara gratis melalui Play Store, tidak hanya mengingatkan pengguna tentang jadwal minum obat, tetapi juga menyediakan fitur pencatatan riwayat kesehatan.

Fitur ini bertujuan untuk membantu pengguna melacak perubahan dan perbaikan dalam kondisi kesehatan mereka sepanjang waktu.

"Pengembangan aplikasi ini merupakan salah satu upaya PMJ untuk menjaga konsistensi penderita HIV/AIDS dalam menjalankan terapi antiretroviral (ARV)-nya.

Montov hadir sebagai teman setia bagi mereka yang memerlukan bimbingan dalam menjaga kesehatan," tambah Eva.

Selain itu, aplikasi Montov juga mencakup fitur yang dapat membantu orang dengan HIV/AIDS dalam menghadapi bencana alam.

Melalui pesan dan informasi yang diberikan, pengguna aplikasi akan dapat merespons dengan lebih cepat dan efektif terhadap situasi darurat.

"Bencana harus diantisipasi karena saat situasi bencana, layanan kesehatan biasanya harus menjadi prioritas bersama korban bencana. Sementara itu, teman-teman penderita HIV/AIDS harus tetap menjalani pengobatan harian mereka serta memantau kesehatan secara berkala, yang tidak boleh terputus," jelas Eva Dewa Masyitha.

Saat ini, Montov baru dapat digunakan di wilayah Kota Yogyakarta saja, namun, Eva mengungkapkan bahwa PMJ memiliki rencana untuk terus mengembangkan fitur aplikasi sesuai dengan kebutuhan orang dengan HIV/AIDS.

Dengan langkah ini, PMJ berharap dapat memberikan dukungan yang lebih luas dan efektif kepada komunitas tersebut di masa mendatang.

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda