Breaking News

Ketua KPU Hasyim Asy'ari Membantah Kabar Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Luar Negeri


Jakarta, Bakabeda.com
- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari, dengan tegas membantah beredarnya hasil pemungutan suara Pemilu 2024 di luar negeri yang viral di media sosial. 

Menurutnya, publikasi tersebut merupakan berita bohong atau hoaks.

"Publikasi hasil penghitungan suara luar negeri tersebut adalah tidak benar," kata Hasyim dalam keterangannya hari ini.

Hasyim menjelaskan bahwa pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal dengan metode pos, tempat pemungutan suara (TPS), dan kotak suara keliling (KSK).

Namun, dia menegaskan bahwa penghitungan suara Pemilu luar negeri akan dilaksanakan bersamaan dengan waktu penghitungan suara dalam negeri, yakni pada tanggal 14-15 Februari 2024.

"Dengan demikian, bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara luar negeri sebelum 14 Februari 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar," tandasnya.

Sebagai informasi, beredar hasil pemungutan suara di luar negeri yang menunjukkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, meraih suara terbanyak di enam negara, yaitu Malaysia, Taipei, Singapura, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi.

Gambar tersebut juga menunjukkan posisi calon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, serta calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Hasyim mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dan tetap menunggu hasil resmi dari KPU. 

"Kami meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya pada informasi yang belum diverifikasi resmi oleh KPU. Hasil resmi akan kami umumkan sesuai jadwal yang telah ditentukan," pungkas Hasyim.

Pemilu 2024 di Indonesia diikuti dengan ketat, dan KPU berkomitmen untuk menjaga integritas dan keabsahan seluruh proses pemungutan dan penghitungan suara.
 

0 Komentar

Posting Komentar
© Copyright 2023 - Bakal Beda