Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Memilih Ban yang Tepat untuk Mobilitas Ramah Lingkungan: Kunci Keselamatan dan Efisiensi Kendaraan Listrik


Bakalbeda.com
- Dalam era mobilitas berkelanjutan seperti sekarang, mobil listrik semakin mendapat perhatian masyarakat sebagai alternatif ramah lingkungan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa mobil listrik memiliki karakteristik khusus yang membutuhkan perhatian khusus, terutama dalam pemilihan ban.

Deputy Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano, menyoroti beberapa karakteristik tersebut dalam rilis pers di Jakarta.

Karakteristik Mobil Listrik

1. Bobot yang Lebih Tinggi:

Mobil listrik memiliki bobot yang umumnya lebih tinggi karena baterainya menyumbang sekitar 30-50% dari total bobot.

Oleh karena itu, pemilihan ban dengan indeks beban yang sesuai menjadi penting.

2. Kelebihan Kelembutan Kabin:

Kabin mobil listrik cenderung lebih senyap. Dengan demikian, suara dari ban menjadi lebih terdengar. Hal ini memerlukan teknologi peredam kebisingan pada ban.

3. Akselerasi dan Pengereman Instan:

Torsi instan dan besar dari mobil listrik dapat mempercepat keausan ban. Oleh karena itu, teknologi yang mengurangi rolling resistance dan konstruksi ban yang diperkuat diperlukan.

Pertimbangan Utama dalam Memilih Ban untuk Mobil Listrik

1. Indeks Beban yang Sesuai:

Ban harus memiliki indeks beban yang sesuai dengan bobot tambahan yang dibawa oleh baterai mobil listrik. Informasi ini dapat ditemukan di dinding ban.

2. Gesekan Rendah:

Rolling resistance coefficient yang rendah akan meningkatkan efisiensi kendaraan listrik, memberikan lebih banyak jangkauan, dan berkontribusi pada keberlanjutan serta masa pakai baterai.

3. Kebisingan Rendah:

Teknologi peredam kebisingan pada ban membantu menjaga kenyamanan berkendara yang senyap yang sudah menjadi karakteristik mobil listrik.

4. Senyawa Karet Berkualitas:

Torsi instan pada mobil listrik dapat menyebabkan keausan yang lebih tinggi. Ban dengan komponen karet berkualitas dapat menahan torsi tambahan tersebut.

Pentingnya Perawatan dan Pemeliharaan Ban Selain pemilihan ban yang sesuai, perawatan dan pemeliharaan ban menjadi kunci untuk mempertahankan umur ban, mengurangi tingkat keausan, dan memaksimalkan jarak tempuh.

Fisa menekankan pentingnya keselamatan, efisiensi, dan kenyamanan maksimal dalam memilih ban untuk mobil listrik.

Dengan memahami karakteristik dan pertimbangan ini, pengguna mobil listrik dapat meningkatkan pengalaman berkendara mereka sambil tetap berkontribusi pada upaya menjaga lingkungan.

Pilihan ban yang tepat adalah langkah penting dalam merangkul era mobilitas berkelanjutan.***
 

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda