Breaking News

Entri yang Diunggulkan

Resep Nasi Liwet Teri yang Gurih dan Cepat Dibuat


Bakalbeda.com
- Nasi Liwet merupakan hidangan khas Indonesia yang memiliki berbagai varian, salah satunya adalah Nasi Liwet teri yang gurih dan cepat dibuat.

Varian ini sangat populer, terutama di daerah Sunda. Proses memasaknya yang disebut "liwet" melibatkan penggunaan alat khusus seperti ketel, kastrol, atau dandang.

Namun, resep ini dapat diadaptasi untuk dimasak dalam rice cooker agar lebih praktis. Berikut adalah resep Nasi Liwet Teri yang bisa Anda coba di rumah. 

Bahan:

- 4 porsi nasi
- 4 sdm minyak goreng
- 3 batang serai, memarkan
- 3 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 300 g beras
- 300 ml air
- 1 sdt garam
- 1 buah cabai merah besar, iris serong tipis
- 50 g teri medan, goreng
- 2 sdm bawang merah goreng (untuk taburan)

Bumbu Halus:
- 10 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 butir kemiri

Cara Membuat:
1. Dalam rice cooker, panaskan 2 sdm minyak goreng. Tumis ¾ bagian bumbu halus, serai, daun salam, dan lengkuas hingga harum.

2. Masukkan beras, air, dan garam ke dalam rice cooker. Aduk rata. Tutup rice cooker dan masak hingga nasi matang. Setelah matang, sisihkan.

3. Dalam wajan baru, panaskan sisa minyak. Tumis sisa bumbu halus dan cabai merah besar hingga harum.

4. Masukkan teri goreng ke dalam wajan. Aduk hingga teri tercampur rata dengan bumbu. 5. Letakkan tumisan teri di atas nasi yang telah matang di rice cooker. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

Untuk memberikan sentuhan rasa manis, tambahkan sedikit gula merah sisir ke dalam tumisan teri sebagai penyeimbang rasa asin teri.

Dengan mengikuti resep ini, Anda dapat menikmati Nasi Liwet Teri yang lezat dan aromanya harum. Selamat mencoba memasak di rumah!
 

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda