Breaking News

Entri yang Diunggulkan

MIN 8 Bone Adakan Tes Wawancara Pra Sekolah

 

Tanya Jawab dalam Penilaian Awal Peserta Didik Baru MIN 8 Bone

Watampone (Humas Bone) – Pengenalan terhadap pengetahuan awal yang dimiliki anak agar dapat mengetahui minat dan bakat dilakukan melalui indikator wawancara dengan empat aspek. Aspek pertama terkait afektif dengan cara mengamati cara anak berkomunikasi dengan teman baru, keinginan berbagi, antusias dalam mengikuti kegiatan, kemandirian tanpa didampingi orang tua ketika masuk kelas serta kemampuan mengaplikasikan ungkapan terima kasih, maaf dan tolong.

Aspek spiritual juga perlu diketahui oleh guru agar dapat mengetahui anak yang sudah mengenal huruh hijaiyah, sudah bisa mengaji atau yang belum pandai mengaji, mampu membedakan bacaan basamalah, hamdalah, dan istigfar, menyebutkan jumlah rakaat dalam salat serta menghafalkan surah Al Fatihah dan surah pendek yang diinginkan. Observer juga menggali pengetahuan anak terkait doa sebelum belajar, sebelum makan, dan sebelum tidur.

“Alhamdulillah jawab semua ji pertanyaan. Kusuka  gurunya karena cantik terus baik, “ungkap ananda Andi Anindita Zahra ketika selesai wawancara di runag kelas IA2, Selasa (12/7/2022)

“Bagus ada tes begini, karena ada gambaran mengenai anak terhadap sikap, pengetahuan, keterampilan dan spiritualnya sehingga memudahkan nantinya guru untuk mengelompokkan anak berdasarkan minat dan bakatnya, “sambung Andi Arianti dan Siyati yang melakukan pengamatan.

Tes wawancara yang dilakukan bukanlah alat ukur untuk diterima atau tidaknya anak tersebut di MIN 8 Bone. Tapi instrument tersebut digunakan sebagai dasar untuk memahami karakter dan wawasan yang dimiliki oleh seluruh anak. Keistimewaan yang dimiliki oleh setiap anak, inilah yang akan menjadi pondasi bagi guru untuk membantu menguatkan hingga anak tersebut dapat mengembangkan dan menjadi pribadi yang kuat karakternya, pribadi yang berakhlak mulia, dan menjadi anak yang selalu siap untuk berkompetisi dalam bidang akademik dan non akademik dengan sportif dan mental yang sehat. (Febri/Ahdi)

0 Komentar

zumardiidra03
295
© Copyright 2023 - Bakal Beda